Penggemukan

January 18, 2021
Bismillah..
Gua mau sedikit cerita tentang diri gua sendiri, tepatnya di bagian tubuh gua. Jadi dulu tuh badan gua kurus banget, mau naikin berat badan tuh susah, sampe pas lulus kuliah tuh berat badan gua stuck di angka 60kg doang. Dengan tinggi yang rata-rata laki-laki pada umumnya dan berat badan 60kg, gua jadi keliatan kurus gitu. Pada masa-masa itu bisa dibilang gua pengen banget naikin berat badan gua, mungkin sampe 65kg-70kg, tapi alhasil ga pernah berhasil naik ke angka segitu, palingan mentok naik sampe angka 62kg, itu juga karena pas abis makan nimbangnya.

Ilustrasi obesitas. ©2015 Merdeka.com

Di akhir tahun 2016 berat badan gua masih stabil di angka yang sama, yah segitu-segitu aja. Semua berubah ketika gua mulai jalanin program diklat semi militer untuk kebutuhan prajabatan di perusahaan yang gua coba daftar. FYI, gua ikut rekrutmen di suatu perusahaan yang mungkin ga terlalu dikenal masyarakat Lampung tapi lumayan dikenal untuk orang-orang di daerah pulau Jawa. Jadi ketika itu para peserta diklat prajabatan tuh dapet pelatihan dari para tentara, dapet asupan gizi yang bener-bener bergizi, dapet sedikit pendidikan tentang kemiliteran, yah gitu deh. Intinya alhamdulillah kami para peserta dapet makan yang banyak karena abis disiksa ala ala siswa tentara.

Sebenernya makannya tuh porsi cukupan aja, tapi karena dididik untuk ga buang-buang makanan, sedangkan tiap baris meja makan pasti ada siswa perempuan, maka mereka yang perempuan nasinya pasti sisa dan harus dibagi-bagi ke semua temen-temen sederet meja makannya supaya habis. Kalau ga habis pasti dihukum. Udah aja yang laki-laki jadi pada makan besar. 10 hari di base tentara di Bogor dan lanjut di Udiklat yang ada di Suralaya (mesti ada yang ga tau di mana Suralaya, Suralaya ada di Banten deket dengan Merak) selama 2 bulan, kami para siswa dapet gizi dan latihan fisik yang bener-bener bagus. Ketika itu berat badan gua bisa naik jadi sekitar 65kg dan beberapa bagian otot gua yang udah lama banget ga dipake jadi mulai keliatan dikit-dikit. Terlihat lumayan oke lah, proporsional gitu.

Alhamdulillah gua diangkat sebagai pegawai tetap di perusahaan, dan alhamdulillah gua ditugaskan di Semarang. Sampai dengan hari ini, gua masih di Semarang dan berat badan gua sudah menyentuh angka 80kg. Pokoknya sangat sangat ga proporsional dah. Dari tahun 2016 sampe 2018 gua ngekos dan hidup cuma mikirin diri sendiri doang, jadi penghasilan gua tiap bulan banyak kepake cuma buat urusan mulut sama perut, berat badan makin naik, perut makin maju. Tahun 2018 gua mulai coba ngontrak rumah dan tinggal sendirian. Ketika itu makan gua malah makin jadi karena bener-bener sendirian, beda dengan waktu ngekos. Kalau ngekos tuh masih ada temen-temen tetangga kamar dan lingkungan kos, jadi masih ada temen ngobrol, temen maen gitu-gitu. Gua banyak abisin waktu sendirian di rumah, sampe bosen. Karena keseringan bengong, gua alihin pake baca-baca buku dan makan.

Sampe pertengahan tahun 2019, gua memutuskan untuk nikah. Alhamdulillah gua saat ini udah nikah dan alhamdulillah gua bahagia dengan keluarga kecil gua saat ini. Sering denger statement dari para bapak-bapak di penjuru dunia bahwa ketika udah nikah bakal banyak yang berubah terutama di bagian perut. Dan ternyata bener! Berat gua yang awalnya mungkin sekitar 70kg bisa naik drastis jadi 80kg. Respons orang-orang di sekitar gua pun jadi "Ih Dean sekarang gemukan ya.", gua cuma bisa jawab "Eh iya ya alhamdulillah.............".

Tahun ini rencananya gua mau coba nurunin berat badan gua ke angka yang agak bagusan dikit jadi ±70kg. Usaha yang insyaAllah bakal gua lakuin adalah olahraga teratur di rumah dengan equipment seadanya dan kurangi jumlah kalori dari makanan yang gua makan. Walaupun kayanya agak berat, tapi yahh.. semoga aja berhasil. hihihi...

No comments:

Powered by Blogger.