Masa Lalu Biarlah Masa Lalu

May 23, 2018
Malam ini gua tiba-tiba aja keingat hal-hal apa aja yang udah terjadi di masa gua masih kuliah sampai masa gua yang sekarang. Ternyata banyak banget yang udah berubah, setuju banget sama quote "time changes, people changes". Seiring bergulirnya kehidupan ini, atas ijin Allah manusia juga ikut berubah, ntah perubahan itu menjadi lebih baik atau perubahan yang menjadi lebih buruk. Perubahan itu seperti udah hal yang pasti terjadi. Banyak orang yang gua kenal berubah jadi lebih baik dan banyak juga yang berubah jadi kurang baik, tidak baik, bahkan buruk. Gara-gara perbincangan gua sama temen kost soal hal ini, gua jadi ingat tentang masa-masa gua masih pacaran, hahaha.

Jadi gua tuh sebelumnya pernah punya pacar waktu kuliah dan itu pertama kalinya gua punya pacar. Benar-benar pertama kalinya ada seseorang (di luar keluarga gua) yang perhatian sama gua, perhatian sama apa yang gua lakukan sehari-hari, apa yang gua makan, apa yang gua suka, apa yang gua pikirin, ingatin gua buat ibadah, ingatin buat ngerjain tugas, dan banyaaaak hal lainnya. Di masa-masa itu tuh awalnya gua ngerasa kaku banget buat bersikap. Seolah beda dan bukan jadi diri gua sendiri. Yahh.. mungkin karena pertama kalinya gua punya teman yang dekat banget. Di sini gua sebutnya teman aja ya, soalnya gua agak aneh sama kata pacar.

Belum sebulan, gua tuh diputusin cuma karena gua terlalu kaku. Di momen itu gua juga ga tau apa gua harus sedih atau senang. Gua seperti biasa aja. Eiittts.. tapi itu cuma berlangsung sebentar, setelah dipikir-pikir, gua ga selayaknya mikirin hal-hal kaya gitu, sedangkan mama papa kerja susah payah untuk anak-anaknya. Tapi ternyata pemikiran gua tuh masih mudah goyah pada saat itu, alias masih labil. Gua ngerasa baik-baik aja tuh cuma beberapa hari. Dan ternyata itu teman gua juga ngerasa yang sama.
Jadi kami bangun komunikasi lagi, terus berhubungan via sosial media, via langsung juga. Yaiyalah, kan teman sekelas di kampus. Seiring berjalannya waktu kami mulai dekat lagi, ga sampe berminggu-minggu, kami balikan (istilah bocah alay). Nah sejak saat itu, gua mulai berubah dari yang tadinya bersikap dingin dan kaku, jadi lebih relaks, fleksibel, dan sok asik. Anw, ini perempuan menurut gua bukan sembarang perempuan. Dia cantik, bahkan lebih cantik dari aktris-aktris Indonesia, dia juga baik sering nraktir teman-temannya dan bahkan gua jugs sering banget ditraktir (cowo apaan ditraktir cewe, hahahaha). Dan karena hal-hal itulah yang membuat gua minder, di lain sisi gua juga ga mau kalau kami tuh berhenti komunikasi. (Gua dulu sedikit egois, mungkin sampe sekarang masih egois sih, hehe.)

Singkat cerita, hubungan "pacaran" kami berlangsung sekitar 1 tahun. Selama setahun itu cukup sering kami "putus-nyambung", ya walaupun cuma karena hal konyol, selama setahun itu juga dia berhasil untuk membuat gua mau diajak nonton ke bioskop, salut deh emang sama doi, sabar banget nunggu gua mau diajak nonton. Soalnya gua orangnya ga suka berada di tempat gelap dan ga suka berada di keramaian yang gua ga tau orang-orang di keramaian tersebut. Seingat gua, waktu itu kami nonton The Maze Runner, nonton bareng untuk pertama kali dan itu bukan film romantis, kocak emang. Ditambah lagi waktu itu gua ditraktir nontonnya. Benar-benar ga ada harga diri lagi gua saat itu. Hahaha....

Sebenarnya sih banyak kenangan yang tiba-tiba muncul di malam ini, tapi gua ga bisa ceritain di sini. Terakhir kali kami nyatakan "putus" ialah ketika kami semester akhir kuliah, kami sibuk dengan urusan masing-masing. Gua yakin, dulu tuh kami ga 100% ikhlas dengan keputusan itu. Tapiii... Alhamdulillah setelah tau kalau dia sekarang udah berubah jadi salah satu "bidadari" di dunia ini, gua sangat bangga sama dia, gua salut banget. 100% berubah jadi lebih baik, jadi wanita yang InsyaAllah shalihah, jadi wanita yang Insya Allah bisa menjaga diri. Masya Allah. Mumtaz!  Dan karena hal itu juga ternyata gua senang, setelah kami ga lagi saling komunikasi, dia jadi wanita yang benar-benar indah. Alhamdulillah.

Dan sampai sekarang gua masih kagum dengan dia. Penasaran memang dengan kabarnya, udah menikah atau belum, udah punya anak atau belum, apa aja yang terjadi selama ini di kehidupannya. Gua jujur penasaran banget! Semoga suatu saat gua bisa tahu kabarnya, seorang wanita yang atas ijin Allah berhasil berikan gua pelajaran, pengalaman tentang bagaimana caranya serta rasanya mencintai dan dicintai. Dari kejadian tersebut kami sama-sama belajar bahwa dengan cara seperti itu, kami tidak akan pernah bersatu. Thank you! I apologize for everything that happens to our lives before.

No comments:

Powered by Blogger.