Malam Tarawih Pertama

May 18, 2018
Ramadhan telah tiba, Alhamdulillah.. untuk mempersiapkan kedatangan Ramadhan, gua punya target dan cara tersendiri. Pertama, gua pengen banget rapikan barang-barang gua di kamar. Semisal pakaian kotor tercuci semua, pakaian bersih tersetrika semua dengan rapi, lantai yang bersih, kamar mandi yang bersih dan yang paling penting ialah alat-alat makan yang siap digunakan alias bersih.

Nah, untuk hal terakhir di atas barusan, gua udah beli rak untuk alat-alat makan gua. Haha.. Lucu sebenarnya nulis post cuma untuk cerita kalau baru aja beli rak alat makan. Okay deh lanjut, dan kemarin sore sepulang dari kantor, gua taruh tas lalu langsung jalan ke swalayan dekat kost yang lumayan lengkap.

Gua jalan sambil beberapa kali memainkan hp gua. Tiba-tiba bocah kost pada bahas sahur pada mau makan apaan, lalu ada temen yang bilang "beli aja bahan yang mudah dan cepet diolah kaya nugget, kornet, sarden", tanpa basa-basi gua bales aja "okay, gua beliin aja". Akhirnya gua ke swalayan ga cuma beli rak untuk alat makan gua.

Malam itu ialah malam pertama Tarawih, sambil nunggu waktu Isya, gua santai dengan hp gua sambil ngobrol ringan dengan bocah kost. Setibanya waktu Isya, kami siap-siap ke masjid untuk sembahyang. Kerasa lumayan capek karena mendadak harus ikutin tempo shalatnya si Imam, but its okay, gua masih bisa ikutin dan menurut gua sih biasa. Selepas waktu Tarawih, kami ngobrol lagi sambil sesekali ngerokok di teras kamar. Setelah agak larut sekitar pukul 23.00 kami bubar dan masuk kamar masing-masing untuk istirahat persiapan bangun sahur.

Tepat pukul 02.00 gua terbangun untuk sahur, gua bangunin bocah kost. Kami kumpul, eh pada bilang beli makan warteg aja makan bareng di ruang tv. Yaudah aja pada ke warteg jalan bareng. Gua beli seadanya, dan karena gua ngerasa kurang gua goreng juga beberapa nugget yang gua beli waktu sore. Jadilah gua makan nasi warteg plus nugget. Nikmatnya sahur pertama emang ga ada "obat". Enaaaaak banget. Ga kebayang deh kalau misalnya sahur pertama tuh bareng keluarga di Lampung. Pasti lebih nikmat lagi, hehe.

Setelah sahur, kami lanjut ngobrol sambil nonton tv, saat itu ada pertandingan Final Europa League, Marseille vs Atletico Madrid. Kami ngobrol sambil nonton tuh pertandingan yang akhirnya dimenangkan Atletico Madrid dengan skor telat 3-0. Ga lama dari itu, bocah pada bubar dan sisa cuma beberapa orang aja yang masih di ruang tv. Kami ngobrol sambil main game, sharing game yang keliatannya cukup seru, dan yahh gitu deh.

Setelah selesai semua, kami masuk ke kamar masing-masing untuk cuci mulut sebelum waktu Imsyak dan Subuh tiba. Gua tengok kamar-kamar bocah, rata-rata lampunya pada mati yang artinya mereka lanjut tidur. Karena gua ga biasa, gua tetap terjaga sampai Subuh tiba. Setelah sembahyang, gua main game dan setrika pakaian yang mau gua pakai untuk ke kantor paginya. Sebenarnya kerasa cukup melelahkan karena gua tidur cuma sekitar 3 jam dan harus setrika pakaian juga.

Paginya gua berangkat lebih awal untuk bisa colong tidur di ruangan, gua tiduran di ruang loker sampai teman-teman gua berdatangan satu per satu. Daaan mulai deh aktifitas pekerjaan sehari-hari. Earphone plugged, music on. Work time. Hari pertama puasa tahun ini dan harus berangkat kerja. Hmmm.. biasa aja. hahaha..

Aktifitas di kantor hanya berlangsung biasa aja menurut gua, cuma bedanya gua harus keliling untuk mengumpulkan dana donasi untuk kegiatan Ramadhan di kantor. Lho, "kok ngumpulin dana donasi dari para pegawai?" Yap, gua ditunjuk untuk bantu kumpulin dana donasi dari para pegawai yang berada di Gedung Administrasi. Jadi ya gitu, setiap waktu luang gua pakai buat keliling Gedung untuk kumpulin dana donasi.

Gua bersyukur karena jasa gua masih diperlukan di kantor selama bulan Ramadhan ini, semoga dengan ditunjuknya gua sebagai panitia kegiatan Ramadhan di kantor, membuat gua menjadi lebih tahu diri, menjadi lebih taat beragama, dan menjadi pribadi yang lebih bersosial. Jujur aja gua agak kurang bisa bersosial dengan baik, mungkin karena gua 80% introvert, jadi gua cuma bisa asik ke orang-orang yang udah dekat doang. Bukan karena gua sombong atau pilih-pilih teman untuk bersosial. Tapi emang beda aja rasanya.

Sepulangnya dari kantor, gua mampir ke minimarket untuk beli kurma supaya gua bisa berbuka puasa dengan yang "manis". Ga lama dari setibanya gua di kamar. Adzan Maghrib berkumandang yang akhirnya berbuka puasa. Gua nikmatin deh kurma yang baru gua beli dan susu soda dingin yang udah gua siapin sebelumnya. Berbuka puasa di hari pertama kerasa nikmat banget, 11 12 dengan sahur pertama. Hahaha... Alhamdulillah...

Yak, begitulah hari-hari gua di malam pertama tarawih, hari pertama puasa dan hari pertama berbuka puasa di Ramadhan ini. Semoga kita semua bisa menjadi pribadi yang lebih baik untuk keluarga, masyarakat, negara dan agama kita masing-masing. Thank you!

No comments:

Powered by Blogger.