Sedikit Tentang LINUX

June 30, 2013

Berawal dari tahun 1969, Ken Thompson dan Dennis Ritche yang merupakan Developer bahasa C membuat Sistem Operasi, yaitu UNIX, yang cikal bakal akan menjadi Linux. UNIX sendiri langsung mendapat perhatian yang besar karena Operating System pertama yang diciptakan namun tidak oleh Hardware Maker. dan dalam waktu singkat, UNIX berkembang sangat pesat.

Karena sangat pesat perkembangannya, muncul lagi tipe UNIX yang source codenya bisa diakses oleh umum. Operating System ini kemudian dinamakan LINUX. Linux lalu dipasang atau dimaksukkan program-program yang berlisensi GNU. Sehingga Linux memiliki sifat multiuser dan multitasking yang dapat berjalan diberbagai platform contohnya Intel dan masih banyak lagi.

Linus Torvalds

Linux ini sendiri diciptakan oleh seseorang yang bernama Linus Torvalds. dan karena nama beliau itulah, Nama LINUX diambil. Linux dulunya adalah proyek hobi yang dikerjakan oleh beliau, yang terinspirasi oleh MINIX.

Linux sendiri sangat berkaitan dengan GNU. Proyek GNU dimulai pada 1984 yang bertujuan untuk membuat Operating System yang compatible dengan UNIX. Pada tahun 1985, Richard Stallman mendirikan Yayasan Perangkat Lunak Bebas dan mengembangkan lisensi publik umum.

Linux versi 0.01 dikerjakan pada Agustus 1991. Kemudian pada 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi, yaitu Linux 0.02 yang dapat menjalankan bash. Sekarang Linux adalah sistem operasi yang lengkap, dapat digunakan untuk networking, pengembangan software, dan masih banyak lagi. Linux sekarang merupakan sistem operasi yang lebih murah jika dibandingkan dengan sistem operasi yang komersial lainnya.

Beberapa kemampuan Linux sebagai berikut :
- Terdapat ratusan program termasuk kompiler, editor, dan lain sebagainya
- Perangkat bantu yang mendukung koneksi, SLIP, PPP, dan masih banyak lagi
- Perangkat Lunak yang Reliabel
- Kelompok pengembang telah tersebar diseluruh dunia
- Perkembangan kernel Linux masih dilanjutkan.

Jenis Jenis Linux :
1. Debian Linux




Merupakan jenis Linux yang kurang terkenal, namun banyak pengguna dari kalangan teknis. Mereka puas karena kestabilannya.

2. Redhat Linux


Merupakan Linux yang paling populer di Indonesia dan Amerika. Linux ini dirancang khusus untuk server.

3. Mandrake Linux

Saudara muda dari Redhat, karena keduanya satu tempat produksi. Mandrake lebih cocok dijadikan sebagai client yang baik khususnya untuk processor Pentium.

4. Caldera Linux

Dirancang dengan tampilan keseluruhan grafis.

5. Ubuntu

Didesain untuk pemula (pengguna baru). elegan, dan ringan. saya pernah mencobanya dan hasilnya memang memuaskan namun menjalankan aplikasi berbasis windows sangat sulit walaupun terdapat Wine (Windows Application Loader). Tidak hanya ini distro-distro pada Linux. Masih banyak lagi distro-distro dari sistem operasi Linux.

1 comment:

Powered by Blogger.