Instruksi Dasar Linux

June 15, 2013
Pada sistem operasi Linux ada beberapa perintah dasar yang biasa digunakan. Contohnya adalah instruksi ls, man, dan lain-lain. Tetapi, sebelum dapat menjalankan intruksi/perintah, kita diharuskan untuk login.

Tampilan layar login adalah seperti gambar di bawah ini.

Masukkan username Ubuntu untuk login.
Setelah itu, akan diminta password seperti pada gambar di atas.

Setelah login, barulah kita bisa menjalankan instruksi-instruksi yang disediakan sistem operasi Linux. Instruksi Linux memiliki format sebagai berikut:

NamaInstruksi [pilihan] [argumen]
Pilihan adalah option yang dimulai dengan tanda minus (-). Argumen dapat kosong, satu atau beberapa argument (parameter).

Pertama-tama saya akan menjelaskan tentang instruksi ls. Fungsi dari instruksi ini tidak jauh berbeda dengan instruksi dir pada Disk Operating System (DOS).
Contohnya:
ls tanpa argument
ls –a option adalah –a = all, tanpa argument
ls /bin tanpa option, argument adalah /bin
ls /bin /etc /usr ada 3 argument
ls –l /usr 1 option dan 1 argument, l = long list
ls –la /bin /etc 2 option –l dan –a 2 argument

Jika instruksi di atas dijalankan, maka yang akan terjadi adalah seperti pada gambar berikut.
ls
Tidak ada yang terjadi pada layar, karena data masih kosong.

ls –a

ls /bin

ls /bin /etc /usr

ls –l /usr

ls –la /bin /etc

Selain instruksi ls, linux juga menyediakan layanan manual, yang jika di DOS sama saja dengan instruksi help. Linux menyediakan layanan manual secara online. Beberapa kunci keyboard yang penting dalam menggunakan manual adalah:
Q untuk keluar dari program man
<Enter> ke bawah, baris per baris
<Spasi> ke bawah, per halaman
b kembali ke atas, 1 halaman
/teks mencari teks (string)
n meneruskan pencarian string yang dilakukan sebelumnya

Setelah mengetahui fungsi dari 2 instruksi dasar tersebut, saya akan menjelaskan instruksi-instruksi lain yang disediakan Linux. Seperti id (untuk melihat identitas diri), date (untuk melihat tanggal saat ini), cal (untuk melihat kalender tertentu), hostname, uname, uname –a (untuk melihat identitas mesin), w, who, whoami (untuk mengetahui siapa saja yang sedang aktif), dan lain-lain.

id

date

cal

hostname

uname

uname –a

w

who

whoami

clear
Untuk menghapus layar
Ini adalah tampilan layar sebelum dijalankan instruksi clear

Tampilan setelah dijalankannya instruksi clear akan terlihat seperti di atas.

Sebelumnya saya sudah menjelaskan tentang instruksi man, maka sekarang saya akan menjelaskan cara kerja instruksi man
Contohnya:
man ls
Maka tempilan manual akan terlihat seperti gambar di atas, manual ls adalah bantuan dalam menggunakan instruksi ls. Jika kita ingin keluar tekan tombol Q pada keyboard.

man man

Setelah digunakannya instruksi man man, layar akan menampilkan seperti gambar di atas. man man adalah instruksi yang berfungsi untuk membantu dalam penggunaan instruksi man itu sendiri.

apropos
Instruksi ini digunakan untuk mencari perintah yang deskripsinya mengandung kata kunci yang dicari.
Misalnya:
apropos date
Layar akan terlihat seperti pada gambar di atas. Selain, apropos date, saya akan mencoba menjalankan instruksi apropos mail, dan apropos telnet.

apropos mail

apropos telnet

Selanjutnya saya akan menjelaskan tentang instruksi whatis. whatis digunakan untuk mencari perintah yang tepat sama dengan kunci yang dicari. Sebagai contoh, saya akan mencoba mempraktikkan instruksi whatis date.
Layar akan tampil seperti pada gambar. Jadi, instruksi date adalah untuk memprint atau mengeset tanggal dan waktu pada sistem.

Selain itu semua, Linux juga menyediakan layanan untuk memanipulasi. Seperti perintah ls yang sebelumnya sudah dijelaskan (untuk menampilkan isi dari sebuah direktori layaknya instruksi dir pada DOS), file (untuk melihat tipe file), cat/proc/CPU info (untuk melihat pada proc direktori yang bukan merupakan file nyata), more (untuk mempaging halaman), pg (untuk menampilkan file satu per satu layar penuh), cp (untuk menyalin file), mv (untuk memindahkan file), rm (untuk menghapus file, secara default tidak menghapus direktori), grep (untuk mencari file-file yang mengandung teks dengan kriteria yang telah ditentukan.

Masih banyak instruksi/perintah dalam Linux, tetapi mungkin hanya ini saja yang dapat saya publikasikan dan praktikkan, karena saya mengoperasikan Linux dari Virtual Box. Maka data-datanya masih kosong.

1 comment:

Powered by Blogger.