Masa-masa sulit

January 21, 2017
Ga kerasa sekarang udah 2017 aja.. Di sini gua mau kasih tau kalau gua insyaAllah bakal sering nulis blog. Kemana gua selama ini? Jawabnya ada di ujung langit (apasih....). Setelah gua lulus rekrutmen di suatu perusahaan, eh nanti deh. gua ceritain dari awal gua ikut tes rekrutmen sampe gua mulai di masa-masa yang gamungkin mudah gua lupain.

Ok, gua bakal mulai ceritain dari awal. Saat gua udah selesai ikut project bareng dosen. Hmm.. sekitar sebulan setelah itu, gua nganggur total. Kerjaan gua cuma anter-jemput adek, main Super Dancer dari pagi ketemu pagi, main ke rumah temen. Yah.. intinya sih gua udah mulai ngerepotin nyokap gua di rumah yang udah berhenti kerja. Yap.. nyokap gua sebelumnya kerja di perusahaan distributor obat di Lampung. Jadi tuh, nyokap sering ngomel liat gua nganggur, gapernah coba daftar kerja (maaf ya mama...).

Suatu ketika, temen kuliah gua share gambar yang isinya rekrutmen perusahaan gitu. Gua langsung cek dan kasih tau nyokap soal itu. Nyokap gua langsung suruh gua daftar via webnya. Gua ga langsung daftar, gua malah main game lagi. Beberapa hari kemudian, di ujung tanggal penutupan (kayaknya seminggu terakhir sebelum penutupan rekrutmen). Gua mulai siapin semuanya, mulai dari ijazah, sertifikat-sertifikat, akte, dan hal yang dibutuhin lainnya. Yaudadeh gua daftar. Gua tunggu pengumuman lulus berkasnya.

Sekitar 2 minggu dari penutupan rekrutmen (gua bener-bener lupa kapan), gua dapet sms kalau gua lulus tes berkas dan bisa ikut tes tertulis di Jakarta. Gua udah mulai semangat. Gua kasih tau nyokap dan nyokap senang banget. Gua persiapin semua yang dibutuhin untuk hari tes, mulai dari tiket ke Jakarta, terus nginap di mana dan hal lainnya.

Setelah cerita ke bokap, dia berencana untuk ikut. Gua sih seneng kalau ada bokap. Soalnya jujur aja gua emang cupu dan gangerti banyak hal. Pas tanggal tiket, gua berangkat bareng bokap  ke Jakarta. Begitu sampai di Jakarta, gua ganti baju di Stasiun Gambir. Udah deket deket jamnya, gua dan bokap langsung ke lokasi. Begitu sampai di lokasi, ternyata rameee banget pendaftarnya. Dan buruknya lagi, cuma gua yang bareng bokap. Saat itu gua bener-bener malu! Ya ampun, bodoh banget gua cuma begini doang minta anter orang tua.

Setelah dapet ruangan di mana gua tes, gua pamit dan minta do'a ke bokap. Gua ketemu dengan kakak tingkat gua waktu kuliah, namanya Nanda. Dia kasih tau kalau temen sekelas gua yang namanya Thiana juga ikut tes ini. Gua sih ga terlalu peduli, toh mereka bakal jadi saingan gua. Gua ketemu juga sama anak Palembang, namanya Bayu. Orangnya asik, gua sempet tukeran id line. Skip sampai selesai tes hari pertama ya.

Tes pertama mengerjakan soal-soal tes akademik. Hmm.. ga terlalu sulit bagi gua, walaupun gua gapernah ikut tes tes kerja, tapi IQ gua lumayan tinggi. Tes kedua di ruangan yang sama, mengerjakan soal bidang terkait. Gua anak IT dan dikasih soal IT. I didn't say that that was easy, but seriously? Bukan mudah, tapi ya ga sulit dong. Buat apa gua 3 tahun kuliah kalau masih gabisa. Ok lanjut, skip.

Selesai tes tersebut, gua hubungin bokap dan ke tempat di mana dia berada. Gua ceritain semuanya, dia bersyukur kalau lancar semua. Gua dan bokap lanjut ke daerah Tanah Abang, mau ketemu tetangga waktu di Lampung. Jadi gua tuh di Lampung udah pindah rumah, karna daerah rumah lama gua udah dibeli semua dengan orang Tiongkok di sana. Termasuk rumah gua dan tetangga gua. Gua pindah ke rumah gua yang emang udah siap ditempatin.

Lanjut ke hari gua di Jakarta, sesampainya gua di Tanah Abang, gua sama bokap langsung ke tempat tetangga gua. Pas lagi santai di teras rumahnya, gua dapet sms kalau gua lulus tes yang tadi paginya. Gua kasih tau bokap, dia langsung pikirin gimana besoknya, lokasi di mana, jam berapa. Love you, Pa. Gua suruh bokap pulang aja, biar gua sendiri yang urusin.

Gua sama bokap nginap di rumah tetangga gua itu semalam. Besok paginya, gua siap-siap buat tes selanjutnya, tes kesehatan luar. Lokasinya di medical center gitu. Bokap gua siap-siap buat langsung balik ke Lampung. Tapi dia pengen anterin gua sampe selesai tes hari itu. Yaudah gua sama bokap langsung pesan angkutan ke lokasi tes. Begitu sampe gua langsung masuk dan bokap nunggu di luar (maaf ya, Pa). Selama tes gua santai banget, gua sambil kontak temen gua main game siapa tau mereka mau ketemu gua dan bersedia kasih tumpangan nginap. Ternyata mereka seneng gua di Jakarta dan siap kasih tumpangan.

Selesai tes, gua pamitan ke bokap karna bokap langsung pulang. Sebelumnya gua kasih tau kalau tesnya lancar dan gua minta do'a dari bokap. Skip.. gua nunggu temen gua yang gapernah gua temui sebelumnya di 7Eleven. Sekitar 1 jam gua nunggu, akhirnya muncul juga orangnya. Perjalanan lumayan jauh dia dari Depok cuma mau jemput gua untuk ke Depok lagi. Nama dia Agung Iman alias Sehn.

Sesampainya di Depok, gua ganyangka kalau... Bersambung..

No comments:

Powered by Blogger.