Troubleshoot Pada RAM

July 06, 2013
Memory Random Access Memory (RAM) adalah salah satu hardware yang paling sering mendapat masalah. Banyak hal yang bisa menyebabkan sebuah RAM menjadi rusak. Diantaranya adalah:
- Konsleting listrik yang terjadi disaat seseorang memasang RAM pada motherboard.
- Ketidakstabilan daya listrik.
- Terlalu sering melakukan overclocking.
- RAM kepanasan akibat hardware lain.
- Karena pemakaian komputer yang terlalu maksa.
- Kesalahan penanganan RAM.
- Adanya kotoran (korosi) pada pin atau slot RAM pada motherboard. Mungkin saja RAM tidak rusak, namun terhambatnya aliran listrik akibat korosi bisa membuat RAM seolah rusak.

Kemungkinan Memori RAM sudah rusak sebelum dipakai juga bisa walaupun kecil kemungkinannya, untuk itulah perlu meminta garansi pada saat membelinya.
Secara fisik, kerusakan pada RAM seringkali ditandai dengan:
- Terjadi bluescreen saat instalasi windows.
- Pada akibat yang lebih parah dari kerusakan RAM, komputer tidak akan bisa booting dengan ditandai oleh suara "BEEP" yang berulang ulang.
- Komputer mengeluarkan bunyi saat booting.

    


Jika komputer tidak menyala saat di hidupkan namun tidak ada bunyi suara Beep, anda bisa lihat  langkah-langkah di bawah ini:
Komputer tidak menyala saat di hidupkan juga karena faktor masalah pada komponen komputer tersebut. Biasanya ada komponen yang tidak pas dalam masalah peletakan maupun masalah kabel yang kurang pas, caranya:
1. Pertama tama cabut semua kabel yang terhubung ke komputer.
2. Buka penutup casing CPU dan perhatikan baik-baik apakah ada komponen yang terlepas, kabel yang hangus/terputus, atau tanda-tanda kerusakan komponen lainnya.
3. Bila semua komponen terpasang dengan benar dan tidak ada tanda-tanda kerusakan fisik hardware, lepaskan RAM kemudian bersihkan konektornya (logam kuning di bagian bawah RAM ) menggunakan penghapus pensil, kemudian bersihkan dengan kuas halus.
4. Lepaskan Video Graphic Array (VGA) Card, kemudian bersihkan konektornya seperti membersihkan konektor RAM tadi, yaitu menggunakan penghapus pensil lalu dibersihkan pake kuas halus. Bersihkan juga konektor RAM dan konektor VGA Card di Mainbord dengan kuas halus sambil di tiup-tiup agar debu dan kotoran halus bersih. (bila komputer sobat hanya menggunakan VGA on board lewati bagian ini )
5. Lepas kabel-kabel yang terhubung ke Mainboard dan Harddisk, bersihkan semua konektor nya kemudian pasang kembali dengan benar.
6. Bila semuanya sudah bersih pasang kembali RAM dan VGA pada tempatnya dengan benar. Perhatian! bila anda memasang RAM kurang pas/miring/tidak masuk sebagian, hal ini akan menyebabkan RAM rusak, jadi pemasangan RAM, VGA, atau komponen lainnya harus benar-benar diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.
7. Langkah terakhir adalah tutup kembali penutup casing CPU dan pasang kembali semua kabel, dan cobalah anda hidupkan komputer. Biasanya komputer langsung hidup dan berjalan normal kembali

No comments:

Powered by Blogger.